Penanganan Gagal Ginjal Kronik

Gagal Ginjal Kronik adalah suatu bentuk kerusakan ginjal yang terjadi selama lebih dari 3 bulan secara berturut-turut. Dan menurut kelainan patologis atau juga gejala dari gagal ginjal misalnya adalah proteinuria. Dan jika tidak ada suatu tanda dari kerusakan ginjal, maka diagnosis dari penyakit ginjal kronik biasanya ditegakkan jika nilai dari laju filtrasi atau penyaringan glomerulus kurang dari 60 ml/menit/1,73m2.

Penanganan Gagal Ginjal Kronik

Penanganan Gagal Ginjal Kronik

Gagal Ginjal KronikĀ 

Untuk mereka yang menderita penyakit gagal ginkal kronik, maka klasifikasi stadium yang ditentukan berdasarkan dari nilai laju filtrasi glomerulus, yakni adalah stadium yang lebih tinggi yang menunjukkan adanya suatu nilai laju filtrasi glomerulus yang jumlahnya lebih rendah. Dan klasifikasi tadi membagi penyakit gagal ginjal kronik ke dalam 5 tahap stadium, yakni adalah :

  1. Stadium 1 merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan kerusakan ginjal dengan fungsi ginjal yang masih dalam keadaan normal
  2. Stadium 2 adalah kondisi yang ditandai dengan kerusakan ginjal dengan suatu bentuk penurunan dari fungsi ginjal yang lebih ringan
  3. Stadium 3 adalah suatu kerusakan ginjal yang terjadi dari penurunan sedang fungsi ginjal
  4. Stadium 4 ditandai dengan kerusakan ginjal dengan penurunan yang berat pada fungsi ginjal
  5. Stadium 5 merupakan stadium gagal ginjal.

Penyakit ginjal tidak bisa disembuhkan secara total. Pengobatan dan perawatan ditujukan untuk mencegah dan juga melambatkan supaya penyebaran penyakit tidak berkembang semakin parah dan membantu meredakan sait. Selain itu juga penanganan gagal ginjal kronik yang bertujuan untuk bisa menurunkan resiko dari terjadinya berbagai penyakit lainnya yang bermunculan.

Penanganan gagal ginjal kronik berdasarkan tingkat keparahannya untuk tingkat keparahan Chronic Kidney disease atau CKD yang menentukan dari jenis penanganan gagal ginjal kronik yang diberikan. Untuk beberapa kasus, biasanya kerusakan yang terjadi di ginjal dan juga suatu sirkulasi tubuh yang bisa dihindari dengan cara minum obat-obatan yang berguna dalam mengontrol dan mengendalikan tekanan darah serta bisa membantu untuk menurunka kadar kolesterol yang ada didalam darah.

Selain itu, penggunaan obat-obatan yang diberikan biasanya untuk mengendalikan dan juga untuk membantu mencegah penyakit gagal ginjal kronik agar tidak berkembang sehingga tubuh tidak mengalami kehilangan hampir semua dari fungsi ginjal. Keadaan yang seperti ini biasanya sering disebut dengan gagal ginjal permanen atau mengalami established renal failuer atau ERF. Setidaknya adalah 1 : 100 dari pengidap penyakit gagal ginjal kronik stadium tiga yang mengalami penyakit gagal ginjal. Pengidap dari penyakit gagal ginjal biasanya memerlukan perawatan yang lebih lanjut untuk bisa menggantikan sejumlah fungsi dari ginjal.

Penanganan gagal ginjal kronik dengan menjaga tekanan darah tinggi. Menjaga tekanan darah tinggi akan membantu menghambat terjadinya perkembangan dari kerusakan ginjal. Oleh karena itulah sanat penting untuk mengendalikan tekanan darah yang bisa dilakukan, caranya adalah dengan merubah pola hidup semakin lebih baik yang dilakukan dengan mengurangi makanan yang mengandung garam dan mengendalikan bera t badan. Tetapi jika perubahan ini masih belum cukup membantu untuk mengontrol tekanan darah, kemungkinan Anda memerlukan asupan obat-obatan anti hipertensi, misalnya seperti penghambat dari ACE. Obat dari penghambat ACE yang bisa memberikan perlindungan tabahan bagi organ ginjal dan selain itu juga berguna dalam membantu mengurangi tekanan darah didalam tubuh dan juga bisa membantu mengurangi tekanan darah pembuluh darah. misalnya adalah penghambat ACE adalah rampiril dan juga lisinorpil.

Selain itu juga, ada berbagai jenis obat anti-hipertensi yang sering disebut dengan angiostenin-II receptor blocker atau ARB yang meliputi pada candarsatan, aprosartan, irbersartan, dan losartan. Dan efek samping yang muncul dari penggunaan obat-obatan ini namun masih adalah misalnya adalah seperti pusing kepala.

Penanganan gagal ginjal kronik yang selanjutnya adalah dengan merubah pola hidup lebih baik, misalnya adalah :

  1. Menurunkan berat badan jika Anda mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan
  2. Melakukan olahraga dengan teratur
  3. Berhentilah kebiasaan buruk merokok
  4. Mengonsumsi jenis makanan yang sehat dengan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang serta rendah lemak
  5. Membatasi asupan dari minuman yang mengandung alkohol tinggi
  6. Membatasi asupan makanan yang mengandung haram tidak lebih dari 6 gram dalam sehari atau sekitar satu sendok teh dalam sehari
  7. Terkecuali jika memang diresepkan oleh dokter, sebaiknya hindarilah konsumsi obat anti inflamasi non-steroid misalnya adalah seperti ibuprofen.

Penanganan gagal ginjal kronik dengan memperbaiki keseimbangan fosfat. Kelebihan dari jumlah fosfat didalam tubuh biasanya akan langsung disaring oleh ginjal. Tetapi pnumpukan dari fosfat akan terjadi di ginjal yang tidak bisa melakukan fungsinya dengan baik. misalnya adalah seperti mereka yang mengidap penyakit gagal ginjal kronik untuk stadium empat dan juga lima. Oleh sebab itulah, penyakit gagal ginjal yang stadium menengah ke atas sangat disarankan dalam mengurangi asupan makanan yang mengandung fosfat misalnya adalah seperti daging merah, produk olahan dari ternak sapi, telur, dan juga ikan.

Itulah informasi mengenai Penanganan Gagal Ginjal Kronik, semoga informasi Penanganan gagal Ginjal kronik ini bermanfaat untuk anda semuanya. Terimakasih

Penanganan Gagal Ginjal Kronik

Harga XAMthone Plus

Obat Gagal Ginjal AkutĀ Herbal

Obat Gagal Ginjal Kronik Herbal

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280

This entry was posted in Gagal Ginjal Kronik and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.